Kalimat Pembuka Ceramah Para Habaib dan Ulama

KALIMAT PEMBUKA CERAMAH PARA HABAIB DAN ULAMA

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Dalam tradisi keagamaan Islam, pembuka ceramah atau khutbah para ulama selalu menjadi bagian penting dalam menyampaikan nasihat dan ilmu kepada umat. Pembukaan ini tidak hanya sebagai sapaan, tetapi juga merupakan wujud penghormatan kepada Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, serta para tokoh agama dan jamaah yang hadir.

Baca juga: Bacaan Doa Syukuran Rumah Baru: Arab, Latin, Terjemahan

Pembukaan ceramah sering kali dimulai dengan kalimat Salam, setelah itu hamdallah, kalimat syukur, shalawat kepada Nabi Muhammad dan seterusnya. Lalu bagaimana kalimat pembuka ceramah yang biasa disampaikan oleh para habaib dan ulama di pengajian/majelis taklim? berikut kalimatnya kami susun berdasarkan teks arab, latin dan artinya:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

اللّهُمَّ صَلِّ عَلَىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَغْفِرُ بِهَا الذُّنُوبَ وَتُصْلِحُ بِهَا القُلُوبَ وَتَنْطَلِقُ بِهَا العُسُبُ وَتَلِيْنُ بِهَا الشُّعُبُ، وَعَلَىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ إِلَيْهِ مَنْسُوبٌ. اللّهُمَّ صَلِّ عَلَىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَغْفِرُ بِهَا الذُّنُوبَ وَتُصْلِحُ بِهَا القُلُوبَ وَتَنْطَلِقُ بِهَا العُسُبُ وَتَلِيْنُ بِهَا الشُّعُبُ وَعَلَىٰ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ إِلَيْهِ مَنْسُوبٌ عَمَّا بَعْدُ

Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillah, Alhamdulillahi Rabbil 'Aalamiin, wabihi nasta'inu 'alaa umuurid dunyaa waddin. Was shalaatu was salaamu 'ala Sayyidina wa Habibina wa Syafi'ina wa Qurrota A'yunina Sayyidina wa Maulana Muhammad. Allohumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan taghfiru bihaa dzunub, watushlihu bihaal quluub, watantholiqu bihaal 'ushub, wataliinu bihaa shu'ub, wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa man ilaihi mansub. Amma ba'du

$ads={1}

Artinya: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Kami memohon pertolongan kepada-Nya dalam urusan dunia dan agama. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, kekasih, penolong, dan penerang hati kami. Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad, shalawat yang dengan itu Engkau mengampuni dosa, memperbaiki hati, melapangkan kesulitan, melembutkan hati yang keras, serta kepada keluarga dan sahabat beliau, dan siapa saja yang mengikuti jejaknya. Adapun setelah itu.

Baca juga: Al 'alim al Alamah al Arif billah: Arti, Perbedaan dan Contohnya

Yang kami muliakan, para habaib, wabil khusus Akhina fillah AlHabib Idrus Al Aydrus Yang kami muliakan, Para habaib, Wabil khusus Akhinaa Fillaah Al Habib Bagir bin Yahya,


مَتَّعَنَا اللَّهُ بِطُولِ حَيَاتِهِ وَنَفَعَنَا بِعُلُومِهِ وَنَصِيحَتِهِ وَخُرُوجَاتِهِ

Mata'anallahu bi tuuli hayatihi, wa nafa'ana bi 'ulumihi, wa nasihati, wa khorojatihi

Arti: Semoga Allah memanjangkan umur beliau, memberi manfaat kepada kita dengan ilmunya, nasihatnya, dan bimbingannya., semoga Allah memanjangkan umur beliau, memberikan manfaat melalui ilmu, nasihat, dan bimbingan beliau. Aamiin. Yang juga kami muliakan, segenap para alim ulama dan tokoh masyarakat yang tak dapat kami sebutkan satu per satu, namun tanpa mengurangi rasa takzim dan hormat kami, semoga Allah memberikan panjang umur dan kesehatan kepada mereka agar terus bisa memberikan yang terbaik kepada umat. Aamiin.

Baca juga: 3 Kalimat Pembuka Mimpin Tahlilan Dan Yasinan

Khususnya kepada pengurus Masjid Al-Hidayah, Alhamdulillah, dengan semangat mereka, kita dapat berkumpul pada malam hari ini di rumah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Semoga apa yang telah mereka lakukan menjadi amal shalih, sebagaimana Al-Habib Idrus Al-Aydrus pernah mengatakan bahwa syiar seperti ini akan menjadi aset di hari kiamat. Kita juga berharap agar Masjid Al-Hidayah semakin istiqamah, semakin makmur, dan diberkahi. Semoga semakin banyak yang bermunajat kepada Allah, berdoa, berdzikir, membaca Al-Qur'an, dan beriktikaf di dalamnya, sehingga masjid ini akan menjadi saksi di akhirat bagi mereka yang memakmurkannya. Aamiin, Allahumma Aamiin.

Sumber: Majelis Rasulullah Jawa Timur

Editor & Penulis: Hendra, S/rumah-muslimin

Demikian Artikel " Kalimat Pembuka Ceramah Para Habaib dan Ulama "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close