Kitab Tuhfatut Thullab; Kitab yang Sulit Dipelajari

KITAB TUHFATUT THULLAB; KITAB YANG SULIT DIPELAJARI

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Kitab Tuhfatut Thullab (تحفة الطلاب) dulu penah menjadi mata pelajaran KLS V Dirosatul Mu'allimin sebelum kemudian diganti Kitab Fathul Mu'ien (فتح المعين). 

Kitab Tuhfatut Thullab merupakan salah satu kitab yg sulit secara tarkib nahwiyah sharfiyah terlebih secara pemahaman. Al-Faqir sendiri, bahkan guru yang mengajar pun dulu mengakuinya. 

"Kenapa kok bisa sesulit ini ya..??" dulu sempat terbesit saat pusing, karena tidak kunjung paham waktu muthala'ah. 

Ternyata pengarangnya adalah salah satu ulama' besar, diakui kealimannya yaitu Syaikh Zakariyya Al-Ansori yang memang terkenal sulit untuk dipahami kitab-kitab hasil karangan beliau, di antaranya; 

- Al-Ghurarul Bahiyyah (الغرر البهية) syarah dari Kitab Bahjatul Hawi/Al-Bahjatul Wardiyah (بهجة الحاوي/البهجة الوردية) karangan Imam Ibnul Wardi, 

- Fathul Wahhab (فتح الوهاب) syarah dari kitab beliau sendiri Kitab Manhajut Tullab (منهج الطلاب) yg merupakan ringkasan dari Kitab Minhajut Thalibin (منهاج الطالبين) karangan Imam Nawawi. dan masih banyak lagi. 

$ads={1}

Tak heran beliau bisa seluas itu ilmunya, karena suatu ketika beliau pernah ditanya: "Dengan apa anda bisa mendapatkan ilmu seluas ini..??"

"Mengapa tidak, aku dihimpit oleh dua batu (حَجَرَيْن)" jawab beliau. 

Jadi beliau dulu semangat saat masih belajar, karena memiliki guru yang sangat alim yaitu Imam Ibnu Hajar Al-'Asqalani pengarang kitab hadits terkenal yaitu Kitab Bulughul Maram (بلوغ المرام), begitupun ketika sudah menjadi guru beliau juga semangat, karena memiliki murid yang alim yaitu Imam Ibnu Hajar Al-Haitami pengarang kitab fiqih terkenal yaitu Kitab Tuhfatul Muhtaj (تحفة المحتاج)

Bahkan dalam satu riwayat beliau juga hidup di antara dua "jalal" (جَلَالَيْن), Imam Jalaluddin Al-Mahalli sebagai gurunya, Imam Jalaluddin As-Suyuthi sebagai muridnya. Dan juga hidup di antara dua "kamal" (كَمَالَيْن), yaitu Imam Al-Kamal Ibnul Himam sebagai gurunya, dan Imam Al-Kamal Ibnu Abi Syarif sebagai muridnya. 

Source: Muhammad Yaaquutin Nafies

Demikian Artikel " Kitab Tuhfatut Thullab; Kitab yang Sulit Dipelajari "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close