Kesalahan Praktik Jumrah dan Nafar Awal Oleh Biro Haji Travel

KESALAHAN PRAKTIK JUMRAH DAN NAFAR AWAL OLEH BIRO HAJI TRAVEL

RUMAH-MUSLIMIN.COM - Ada beberapa hal yang mungkin perlu dijadikan perhatian oleh pengelola biro haji baik travel maupun kemenag terkait praktek ibadah haji. Praktek yang tidak sama dengan keterangan kitab-kitab tuntunan haji yang biasa dikaji di pesantren. Ada banyak hal, tapi yang paling pokok dan penting adalah pelaksanaan jumroh, karena jumroh ini ulama' sepakat akan kewajibannya.

1. Jumrah

Waktu jumroh di hari tasyriq, banyak jamaah indonesia dan masif, melakukannya setelah mabit di mina di malam hari. Padahal dalam hadis dan dijelaskan oleh para ulama', bahwa waktu jumroh ada setelah dzuhur (zawal) di tanggal 11, 12, 13 Dz. Hijjah. Memang Imam Atho' dan Imam Towus berpendapat boleh setelah terbit matahari. Dan yang kami ketahui belum ditemukan pendapat yabg boleh di malam hari tanggal 11, meski boleh dilakukan malam hari setelahnya. Artinya diakhirkan boleh tapi tidak boleh didahulukan.

Hal ini mungkin karena jamaah haji banyak yang menyamakan dengan jumroh aqabah di tanggal 10 yang waktunya dimulam separuh malam, padahal jumroh hari tasyriq berbeda.

$ads={1}

2. Nafar awal

Di mana beberapa travel melakukan jumroh kedua di malam hari tanggal 12 setelah mabit. Dengan pemahaman yang sama dengan poin 1. Ada pula yang waktunya sudah pas di tanggal 12 siang hari, namun hanya melakukannya sekali dengan alasan dijama'. Memang betul semua jumroh bisa dilakukan di hari terakhir, termasuk jumrohnya tanggal 10. Namun semua dilakukan, artinya melempar jumroh aqabah, kemudian jumroh ula, wustha, aqabah untuk tanggal 11. Kemudian ula wustha aqabah lagi untuk tanggal 12. Kemudian ula wustha aqabah untuk tanggal 13. Bagi yang nafar awal, bisa cukup dua kali ula wustha aqabah.

Ibarat orang shalat jamak dzuhur dan asar, maka semua dikerjakan, namun waktunya dikumpulkan. Bukan shalat 4 rakaat atau 2 rakaat, atas nama dzuhur dan asar.

Entah lagi jika memang ada pendapat yang memperbolehkan praktek di atas, monggo koreksinya para kyai. Kasihan ibadah ummat, karena ini masiv dan itu disebabkan pengelola.

Baca juga: Melewati Miqat Tanpa Ihram, Bagaimana Hukumnya?

___________

ص2255 - الفقه الإسلامي وأدلته للزحيلي - 

رمي الجمرات الثلاث أيام التشريق: بعد زوال الشمس في كل يوم أي بعد الظهر بالاتفاق، لقول ابن عباس: «رمى رسول الله صلى الله عليه وسلم الجمار  حين زالت الشمس» (٢) فلا يجوز الرمي قبل الزوال،   ويستمر الوقت للغروب. 

وإن أخر الرمي إلى الليل كان قضاء عند المالكية، لخروج وقت الأداء وهو النهار الذي يجب فيه الرمي، وعليه دم بالتأخير، والواجب دم واحد في تأخير حصاة فأكثر. 

*وقال الحنفية: إن أخر الرمي إلى الليل، ورمى قبل طلوع الفجر، جاز، ولا شيء عليه؛ لأن الليل وقت الرمي في أيام الرمي. ويجوز عند أبي حنيفة الرمي في اليوم الثالث من أيام التشريق، وهو اليوم الرابع من أيام الرمي، قبل الزوال*،   لقول ابن عباس: «إذا افتتح النهار من آخر أيام التشريق جاز الرمي». 

وقال الحنابلة: لا يجزئ رمي إلا نهارا بعد الزوال، غير سقاة ورعاة فيرمون ليلا ونهارا.

وقال الشافعية: وقت الرمي: من الزوال إلى الغروب، فلو ترك رمي يوم تداركه في باقي الأيام، وعلى هذا يبقى وقت الرمي في أيام التشريق إ لى الغروب من كل يوم، ولكن لو أخر رمي يوم ومنه رمي جمرة العقبة إلى ما بعده من أيام الرمي يقع أداء، فلا يخرج وقت الرمي بالغروب على المعتمد. 

ولرعاء الإبل وأهل السقاية (١) تأخير الرمي عن وقت الاختيار يوما فقط، ويؤدونه في تاليه قبل رميه، لا رمي يومين متواليين.

ص580 - فتح الباري بشرح البخاري - ط السلفية - 

وفيه دليل على أن السنة أن يرمي الجمار في غير يوم الأضحى بعد الزوال وبه قال الجمهور، وخالف فيه عطاء،  وطاوس، فقالا: يجوز قبل الزوال   مطلقا، ورخص الحنفية في الرمي في يوم النفر قبل الزوال   ، وقال إسحاق: إن رمى قبل الزوال   أعاد، إلا في اليوم الثالث فيجزئه. - المكتبة الشاملة

Oleh: KH Mukhtar Syafa'at 

Demikian Artikel " Kesalahan Praktik Jumrah dan Nafar Awal Oleh Biro Haji Travel "

Semoga Bermanfaat

Wallahu a'lam Bishowab

Allahuma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa aalihi wa shohbihi wa salim

- Media Dakwah Ahlusunnah Wal Jamaah - 

Redaksi

Rumah Muslimin Grup adalah Media Dakwah Ahlusunnah Wal jama'ah yang berdiri pada pertengahan tahun 2017 Bermazhab Syafi'i dan berakidah Asyariyyah. Bagi sobat rumah-muslimin yang suka menulis, yuk kirimkan tulisannya ke email kami di dakwahislamiyah93@gmail.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama
close